Jumat, 14 Maret 2014

Cara Menanam Seledri dari Biji

hai sobat berkebun sekarang saya mau share tentang
tanaman seledri dalam pot
Cara Menanam Seledri dari biji berdasarkan pengalaman pribadi saya :

  • sediakan tempat menyemai benih/biji seledri, bisa berupa pot kecil. semai benih langsung (tidak perlu direndam air terlebih dahulu). setelah itu sirami pot secara teratur pakai sprayer, yang penting tanahnya lembab
  • perkecambahan seledri menurut saya lama banget bisa sebulanan, jadi harus sabar ya. setelah tumbuh dan punya 4-6 daun. cabut dengan akar-akarnya, pindahakan ke pot untuk penyapihan. 1 pot penyapihan isinya 3-4 tanaman seledri yang masih kecil. 
  • setelah cukup besar tanaman seledri bisa dipindahkan ke pot permanen yang besar atau polybag besar. 1 pot 1 tanaman. sirami teratur
  • saat-saat seperti ini pasti banyak diserang hama kutu kuning yang dibawa oleh semut. cara mengatasinya pindahkan pot seledri ke dekat tanaman serai tumbuh. atau gunakan bawang putih yang telah diblender dicampur sabun dan air bersih, dan gunakan sprayer ke tanaman yang banyak kutu kuningnya.
  • daun bisa dipanen dengan dipotong satu per satu (biasanya buat masak nyokap)
  • tanaman seledri dalam
    pot penyapihan
    nanti ada kalanya akar tanaman seledri sudah terlalu panjang karena sudah ketuaan, tandanya tanaman akan sering layu apabila tanah kering. tetapi setelah disiram segar kembali. saat tersebut biasanya seedri sudah punya anakan.
  • cabut tanaman seledri dari pot. induknya dipanen saja, anakannya ditanam lagi jika mau 1 pot 1 anakan
  • Seledri itu sulit berbunga dan menghasilkan biji, jadi perbanyakan menggunakan anakan lebih efektif dan efisien
  • penggunaan pot atau polybag lebih efektif karena mudah dipindahkan
  • tanaman seledri itu sangat disukai oleh binatang, baik itu tikus, bekicot atau siput, kelinci, ayam, bebek, jadi harus hati-hati menempatkan pot, kalau bisa di tempat yang tidak bisa dijangkau hewan atau binatang. kalau salah meletakkan, dalam 1 malam saja tanaman seledri anda hanya tinggal akarnya saja

34 komentar:

  1. assalamu'alaikum agan saya mau nanya. kalau nanem seledri selama 6 hari bisa tumbuh sampai mana gan ? pada saat menanam seledri dengan daun, daunnya ditanam begitu saja atau diapakan gan ? hatur nuhun agan. assalamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam, Dari biji atau anakan gan ? Klw daunnya doang mah ga numbuh gan harus sama akarnya atuh

      Hapus
  2. aku sudah nyemai biji tapi gagal terus baru tumbuah dua daun mati sendiri pohonnya reba menyentuh tanah, kan kecil batangnya dan akarnya kecil diatas tanah, piye carane,makasih ya om atas petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin media tanamnya terlalu basah bro, kalau udah tumbuh 2-3 daun langsung disapih saja ke polybag / pot kecil. thanks bro udah berkunjung ke blog ane :)

      Hapus
  3. Wah..berarti saya beli seed seledri bagus dong..blm.seminggu udah sprout..saya baca2 dmn2 ktnya semai seledri lama tumbuhnya..itu bibit saya nyemai malah jadi semua jd bnyk,bagi2 ttga dh..hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau nanya cara perawatanya .......punya saya udah besar seledrinya tapi lama kelama.an kering dan mati...padahal udah disiram?

      Hapus
    2. coba dicheck gan akarnya ada bintil bintilnya ga ? klw ada berarti kena hama tuh

      Hapus
  4. aku mau nanam ini, bibitnya 10 grm 30 ribu. semoga bisa membantu artikel ini.

    BalasHapus
  5. Saya tanam akar seledri dari beli di pasar. Batangnya sudah diambil untuk konsumsi. Tapi tidak tumbuh2 dan layu. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang susah gan klw pake cara begitu. saya aja gagal terus. kalau mau berhasil menanam seledri lebih mudah dari biji, bisa beli online kok gan

      Hapus
  6. Tersedia paket benih bagi yang ingin bercocok tanam sendiri
    1. Pepaya california 10 biji
    2. Cabe rawit rajo >30 biji
    3. Cabe rawit godam >30 biji
    4. Biji sawi >50 biji
    5. Biji kangkung 10
    6. Biji timun 10 biji
    7. Biji sawinpahit >30 biji
    8. Biji seledri >50 biji
    Cuma ganti ongkir Rp.25000 keseluruh indonesia
    jadi dengan 25 ribu rupiah, sudah dapat 8 jenis benih
    Bila berminat silakan transfer ke rekening BRI 661801012624532 atas nama wachdiyaningsih sebesar 25000 sudah plus ongkir
    Bila sudah transfer silakan sms alamat lengkap dan jangan lupa kodepos dan nomer HP
    ke nomer 085842607909
    terimakasih , silakan diorder.

    BalasHapus
  7. wah asyik ni.. Trims Informasinya

    BalasHapus
  8. kirim aja dulu bos bibitnya kealamat jl.regge2 no.4 wala-walaya sulsel makassar atas nama agung hidayat klo barangnya udah nyampe aku langsung transfer uangnya

    BalasHapus
  9. nomor hp sy bos 085256779138

    BalasHapus
  10. Harus datran tinggi ya tnaman seledri bisa tumbuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dataran rendah juga bisa, saya dijakarta bisa

      Hapus
  11. wah gmana cara merendam bibit nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu direndam mas, lansung tebar aja ditanah yg lembab

      Hapus
  12. Maaf gan mau coba2 nanam seledri jg,udh beli bibit bijix...nah yg mau saya tanyakan kalo nanam bibitx 1 lubang 1 biji apa gimana ya gan...maklum pemula..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung bijinya kecil ditebar dulu gan, nanti klw dah tumbuh 4 daun baru dipindahin ke lubang tanam / polybag .. 1 atau 2 aja gan per lubang

      Hapus
  13. Assalamu'alaikumm.. saya penasaran kalau tumbuh sampai akar kira-kira butuh waktu berapa hari ya?

    BalasHapus
  14. Mau nanya, tanaman seledri saya udh berbunga. Gimana caranya biar bisa jadi benih? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat gan bisa berbunga, ditunggu aja gan sampe jadi biji

      Hapus
    2. Seledri yang berbunga itu umur berapa ya kalau boleh tau?

      Hapus
    3. Seledri yang berbunga itu umur berapa ya kalau boleh tau?

      Hapus
  15. Selamat siang, saya sudah menanam seledri selama 6 minggu sudah 4 helai daun kecil tapi tinggi baru 3-4cm apakah itu wajar atau memang pertumbuhannya terhambat? Mohon informasinya :)

    BalasHapus
  16. Bang untuk seledri yang baru berkcambah agar aman dari gangguan semut dikasih apa bang?????

    BalasHapus
  17. Bang untuk seledri yang baru berkcambah agar aman dari gangguan semut dikasih apa bang?????

    BalasHapus
  18. Bang untuk seledri yang baru berkcambah agar aman dari gangguan semut dikasih apa bang?????

    BalasHapus

ada kritik atau saran ? atau masih ada yang kurang jelas, silahkan tanya saja disini.